Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

5 Objek Wisata Alam di Gunungkidul Yogyakarta

Jika anda ingin tau tempat wisata alam yang paling begitu menarik di Yogyakarta, tidak ada salahnya jika anda datang ke Gunungkidul. Sekarang-sekarang ini tempat wisata di gunungkidul sangat berkembang dengan baik dikarenakan begitu banyaknya suasana alam indah disana. Banyak sekali tempat wisata yang sangat popular ada di gunungkidul, terutama keindahan pantai gudungkidul dengan pasir putihnya. Berikut dibawah ini adalah 5 objek wisata alam di Gunungkidul Yogyakarta : 

Objek Wisata Alam di Gunungkidul Yogyakarta

{1.} Air Terjun Sri Gethuk


Air terjun Sri Gethuk berlokasi di desa Bleberan, kecamatan Playen. Sebagian orang mungkin mengenal Gunungkidul sebagai daerah yang gersang, tandus, dan kurang air. Akan tetapi, keberadaan objek wisata alam air terjun Sri Gethuk ini seolah menjadi bukti bahwa Gunungkidul memiliki surga yang tersembunyi yang patut dikunjungi. Di lokasi objek wisata ini Anda akan mendapati air terjun yang langsung turun dan mengalir ke sungai. Air sungai pun sangat jernih yang mana kanan kiri sungai dihimpit dengan 2 tebing tidak kalah dengan objek wisata Grand Canyon. Di wisata alam Sri Genthuk Anda bisa menyusuri sungai naik perahu, berenang, dan juga menantang adrenalin Anda dengan terjun dari sisi tebing. 

{2.} Goa Pindul


Objek wisata alam selanjutnya adalah Goa Pindul. Objek wisata ini berlokasi di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo. Di Goa Pindul Anda bisa menguji adrenalin Anda dengan mengikuti arus sungai hanya dengan memakai ban karet saja. Aliran sungai ini pun melewati goa yang sangat cantik. Di dalam goa Anda akan melihat stalagmit dan stalagtit yang sangat apik. Kegiatan yang seru ini dikenal sebagai cave tubing yang merupakan hasil perpaduan antara caving dan juga body rafting. 

{3.} Gunung Api Purba Nglanggeran


Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu lokasi menarik untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Untuk mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran ini Anda hanya butuh meluangkan waktu kurang dari 1 jam saja karena gunung ini memang tidak begitu tinggi. Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada karena masih ada bebatuan yang cukup curam dan licin. Setibanya di puncak Anda pun bisa melihat indahnya panorama Gunungkidul yang masih asri dan penuh dengan pepohonan hijau. Adapun di salah satu sisinya Anda bisa juga melihat objek wisata Embung yang kini juga semakin populer dan banyak dikunjungi wisatawan. 

{4.} Pantai Pulang Syawal


Gunungkidul sangat populer dengan keindahan pantainya. Ada banyak pantai yang bisa Anda kunjungi di kabupaten Gunungkidul. Adapun salah satunya pantai yang cukup ramai didatangi wisatawan setiap harinya yaitu pantai Pulang Syawal atau yang lebih dikenal dengan sebutan pantai Indrayanti. Pantai Pulang Syawal berlokasi di desa Tepus, atau tepat di sisi timur pantai Somandeng dan pantai Sundak. Pantai Pulang Syawal menawarkan panorama alam yang cantik. Sepanjang mata memandang Anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih air laut berwarna biru jernih, dan bukit karang yang nampak kokoh. Sejumlah fasilitas pun sudah tersedia demi memenuhi kebutuhan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan misalnya cafe, restoran, dan juga penginapan dengan harga cukup terjangkau. 

{5.} Pantai Ngobaran


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Gunungkidul terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang juga tidak kalah unik dan cukup berbeda dengan sejumlah pantai di Gunungkidul lainnya adalah pantai Ngobaran. Saat air laut surut Anda akan mendapat adanya hamparan rumput laut yang hijau seperti ladang jika dilihat dari ketinggian. Pantai ini pun semakin menarik dengan nilai budayanya. Pantai Ngobaran kerap digunakan sebagai tempat beribadah dan melakukan ritual keagamaan. 

Lihat juga
gunung terindah di dunia

Kesimpulan
Tentunya masih ada banyak lagi objek wisata alam di Gunungkidul Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi. Beberapa diantaranya sebut saja Goa Sioyot, Goa Gelatik, Goa Cerme, Lembah Kars Mulo, pantai Baron, pantai Sepanjang, dan masih banyak lagi. Pastinya Anda semakin tertarik untuk menjelajahinya satu per satu. Sekian ulasan kali ini. Semoga memberi informasi bermanfaat dan berguna bagi Anda. Ingat rencanakan liburan Anda sebaik mungkin dan selamat liburan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Objek Wisata Alam di Gunungkidul Yogyakarta