Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Ketika kita hendak tidur dalam Islam kita selalu dianjurkan agar memanjatkan do’a kepada Allah SWT. Karna waktu kita tidur nyenyak hakekatnya kita ibarat orang mati dan tidak mepunyai kuasa apapun atas diri kita sendiri, apakah kita akan bisa bangun esok hari entah tidak. Oleh itu akan lebih baiknya kita selalu berserah diri kepda Allah SWT.

Saya sebagai Admin blog dunia remaja sangat yakin kalau anda semua hafal doa sebelum tidur dan bangun tidur yang merupakan doa dalam sehari-hari yang kit baca waktu hendak tidur dan setelah kita bangun dari tidur.


Do’a Sebelum Tidur dan Setelah Tidur


Do’a Sebelum Tidur :

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

BismikaAllahumma ahya wa amutu

Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Do’a Sesudah Bangun Tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Keterangan :
Doa ini berdasarkan hadits nabi yang diambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ :  بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya :
Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur